Senin, September 20, 2021
BerandaZikir & DoaDoa Sesudah Sholat Berjamaah Lengkap Dengan Artinya

Doa Sesudah Sholat Berjamaah Lengkap Dengan Artinya

Doa Sesudah Sholat Berjamaah Lengkap dengan Artinya

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Allah  berfirman:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌۖ أُجِيبُ دَعۡوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِۖ فَلۡيَسۡتَجِيبُواْ لِي وَلۡيُؤۡمِنُواْ بِي لَعَلَّهُمۡ يَرۡشُدُونَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. al-Baqarah: 186).

Doa menjadi bagian penting dalam setiap usaha manusia. Berdoa berarti mengetahui bahwa Allah-lah yang menentukan segala usahanya. Doa bisa diartikan sebagai satu permohonan dan pujian dalam bentuk ucapan dari hamba yang rendah kedudukannya pada Tuhan Yang Maha Tinggi. Sejatinya, tujuan berdoa adalah meningkatkan kedekatan diri kepada Allah  sekaligus untuk memperbaiki diri.

Ibn Atha’illah dalam kitabnya al-Hikam menjelaskan, “Bagaimana engkau menginginkan sesuatu yang luar biasa, padahal engkau sendiri tak mengubah dirimu dari kebiasaanmu? Kita banyak meminta dan berharap pada Allah, tetapi sibuknya meminta kadang membuat kita tak sempat menilai diri sendiri. Padahal, kalau kita meminta (doa) sembari berusaha untuk mengubah diri (ikhtiar), Allah akan memberikan apa yang kita minta karena doa itu hakikatnya adalah pengiring agar kita bisa mengubah diri kita.”

Berikut ini adalah doa sesudah sholat baik secara berjamaah ataupun sendiri yang bisa kita baca dan amalkan setiap hari.

نَاعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، حَمْدًا لشَّاكِرِيْنَ حَمْدًالنَّاعِمِيْنَ حَمْدًا يُوَافِىْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلاَل وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, seperti pujian orang-orang yang bersyukur, seperti pujian orang-orang yang mendapat banyak kenikmatan, yaitu dengan pujian yang Allah sempurnakan, cukupkan, dan tambahkan nikmat-Nya. Wahai Tuhan kami, segala pujian hanyalah untuk-Mu, pujian untuk keagungan dan kemuliaan Dzat-Mu serta keagungan kekuasaan-Mu.

اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، صَلاَةً تُنْجِيْنَابِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلاَهْوَالِ وَاْلآفَاتِ، وَتَقْضِىْ لَنَابِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ، وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ، وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ، وَتُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ، فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ

Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami Nabi Muhammad, yaitu rahmat yang dapat menyelamatkan kami dari segala ketakutan dan penyakit, yang dapat memenuhi kami dari segala kebutuhan, yang dapat mensucikan diri kami dari segala keburukan, yang dapat mengangkat kami ke derajat tertinggi di sisi-Mu, dan dapat menyampaikan kami kepada tujuan dari segala kebaikan, baik semasa hidup maupun sesudah mati.

اَللَّهُمَّ يَاغَنِيُّ يَاحَمِيْدُ يَاوَدوْدُ يَارَحِيْمُ يَامُبْدِأُ يَامُعِيْدُ يَاذَالْجَلَالِ وَالْاِكْرَمِ. اَكْفِنَا بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَمِكَ وَبِطَاعَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ وَغْنِنَا بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اَللَّهُمَّ يَا مُسَبِّبَ الْاَسْبَابِ، وَيَافَاتِحَ الْاَبْوَابِ، وَيَاسَامِعَ الْاَسْوَاتِ، وَيَامُجِيْبَ الدَّعَوَاتِ، وَيَاقَاضِيَ الْحَاجَاتِ

Ya Allah yang Maha Kaya, yang Maha Terpuji, yang Maha Mengasihi, yang Maha Penyayang, yang Maha Memulai, yang Maha Mengembalikan Kehidupan, Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan. Cukupilah kami dengan rizki-Mu yang halal sehingga terhindar dari yang engkau haramkan, dengan ketaatan kepada-Mu sehingga terhindar dari maksiat kepada-Mu, kayakanlah kami dengan karunia-Mu hingga aku tidak meminta kepada selain Engkau. Ya Allah Pencipta sebab dari segala sebab, Pembuka dari segala pintu, Mendengarkan segala sesuatu, Mengabulkan segala doa, dan Memenuhi segala kebutuhan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments