Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaZikir & DoaDoa-Doa yang ada Dalam al-Qur’an Surah al-A'rof

Doa-Doa yang ada Dalam al-Qur’an Surah al-A’rof

Doa-Doa yang Ada Dalam Surah al-A’rof

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Beberapa hari ini kita telah membahas tentang doa-doa yang ada dalam al-Qur’an dan hari ini, dalam tulisan ini kita akan melihat doa-doa yang ada dalam surah al-A’rof.

Surah al-A’rof (الأعراف) adalah surah ke-7 dalam al-Qur’an. Surah ini terdiri dari 206 ayat yang diturunkan kepada nabi Muhammad sebelum beliau hijrah ke kota Madinah, oleh sebab itu surah ini termasuk ke dalam ayat-ayat Makiyyah. Surah ini juga termasuk salah satu surah as-Sab’u Ththiwal yaitu tujuh surah yang panjang dalam al-Qur’an.

Kata al-A’rof diambil dari kata yang terdapat dalam surah al-Arof itu sendiri yaitu ayat ke-46. Allah berfirman:

وَبَيْنَهُمَا حِجَابٌ ۚ وَعَلَى الْأَعْرَافِ رِجَالٌ يَعْرِفُونَ كُلًّا بِسِيمَاهُمْ ۚ وَنَادَوْا أَصْحَابَ الْجَنَّةِ أَنْ سَلَامٌ عَلَيْكُمْ ۚ لَمْ يَدْخُلُوهَا وَهُمْ يَطْمَعُونَ

“Dan di antara keduanya (penghuni surga dan neraka) ada batas; dan di atas A’rof itu ada orang-orang yang mengenal masing-masing dari dua golongan itu dengan tanda-tanda mereka. Dan mereka menyeru penduduk surga: “Salaamun ‘alaikum”. Mereka belum lagi memasukinya, sedang mereka ingin segera (memasukinya).”

Al-A’rof berarti “Tempat Tertinggi” yaitu tempat yang berada pada batas antara surga dan neraka. Tempat dimana orang-orang belum memasuki surga tapi mereka dapat melihat orang-orang yang ada di dalamnya dengan segala kenikmatannya selain itu mereka juga dapat melihat orang-orang yang ada dalam neraka dengan segala penyiksaannya.

Nah, apa saja doa yang ada dalam surah al-A’rof? Berikut ini kami sajikan kepada Anda.

Ayat 23

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

“Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.”

Ayat 47

رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا مَعَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang yang zalim itu.”

Ayat 89

رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَأَنتَ خَيْرُ الْفَاتِحِينَ

“Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil) dan Engkaulah Pemberi keputusan yang sebaik-baiknya.”

Ayat 126

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَتَوَفَّنَا مُسْلِمِينَ

“Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepada-Mu).”

Salah satu doa umum yang sering kita baca dan mungkin juga sering kita dengar dalam surah al-A’rof ini adalah doa yang terdapat pada ayat 23 yang artinya:

“Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.”

Doa ini adalah doa yang diucapkan oleh nabi Adam a.s sebagai wujud penyesalan setelah nabi Adam dan istrinya menyadari kesalahan yang diperbuatnya yaitu menuruti ajakan setan dan meninggalkan perintah Allah yaitu dengan memakan buah yang dilarang Allah  .

Nabi Adam segera bertobat dan Allah mengajarkan kepada keduanya doa ini untuk memohon ampun. Kemudian dengan segala kerendahan hati dan penuh khusyuk, mereka pun berdoa.

Berkat doa yang benar-benar keluar dari hati mereka dengan penuh kesadaran disertai keikhlasan, maka Allah memperkenankan doanya, mengampuni dosanya dan melimpahkan rahmat kepada keduanya. Sungguh Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.

Demikianlah doa-doa yang ada dalam surah al-A’rof yang salah satunya adalah doa nabi Adam a.s. Semoga dengan mengamalkan doa tersebut, Allah juga mengampuni segala dosa dan kesalahan kita dan menggantinya dengan limpahan rahmat dan kasih sayang di dunia ini hingga akhirat kelak. Amin ya Robbal ‘Alamin.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments