Senin, September 20, 2021
BerandaFiqih SyariatDarah-Darah yang Keluar dari Rahim Perempuan

Darah-Darah yang Keluar dari Rahim Perempuan

c. Kalau tia tidak dapat membedakan darah haid dari darah penyakit dan waktu haidnya yang biasa tidak menurut waktu yang tertentu, atau ia lupa waktunya, hendaknya masa haidnya dijadikannya sebagai kebiasaan kebanyakan perempuan dalam hal yang semacam itu (yaitu enam atau tujuh hari). Hendaklah ia meninggalkan sholat dan ibadah yang lain dalam masa tujuh atau enam hari tiap-tiap bulan. Selain dari waktu yang ditentukan itu dirinya dipandang suci, maka ia wajib sholat dan melakukan ibadah yang lain selama 23 atau 24 hari tiap-tiap bulan.

Sabda Rosulullah  :

عَنْ حَمْنَةَ اَنَّ بِنْتَ جَحْشٍ قَالَتْ: كُنْتُ ِِاُسْتَحَاضُ حَيْضَةً كَثِيْرَةً شَدِيْدَةً فَأَتَيْتُ النَّبِيَّ ﷺ اَسْتَفْتِيْهِ فَقَالَ اِنَّمَا هِيَ رَكْضَةٌ مِنَ الشَّيْطَانِ فَتَحَيَّضِيْ سِتَّةَ اَيَّامٍ اَوْ سَبْعَةَ اَيَّامٍ ثُمَ اغْتَسِلِى فَاِذَا اسْتَنْقَأْتِ فَصَلِّىْ اَرْبَعَةً وَعِشْرِيْنَ اَوْثَلَاثَةً وَعِشْرِيْنَ وَصُوْمِىْ وَصَلِّىْ فَأِنَّ ذَالِكَ يُجْزِئُكَ وَكَذَالِكَ فَافْعَلِىْ كُلَّ شَهْرٍ كَمَا تَحِيْضُ النِّسَاءُ – رواه البخاري ومسلم

Dari Hamnah binti Jahsy. Ia berkata, “Saya pernah haid yang sangat banyak (lama), maka saya datang kepada Nabi  untuk menyanyakannya. Beliau berkata, “Sesungguhnya itu tipu daya (godaan) dari setan. Oleh karenanya jadikanlah haidmu enam atau tujuh hari sesudah itu hendaklah engkau mandi. Apabila telah cukup bilangan hari haidmu (yaitu enam atau tujuh hari), hendaklah engkau sholat 24 atau 23 hari, lalu puasa dan sholatlah. Sesungguhnya yang demikian sah untukmu, dan juga hendaklah engkau lakukan tiap-tiap bulan sebagaimana haid perempuan yang lain.” (Riwayat Bukhori dan Muslim)

Selanjutnya hal-hal yang dilarang dilakukan ketika dalam keadaan hadas.


Sumber: H. Sulaiman Rasjid. Fiqh Islam. Cetakan ke-80. 2017. Bandung: Sinar Baru Algensindo 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments