Senin, September 20, 2021
BerandaAkhlak & TasawufBerniat Mencari Ridho Allah Dalam Menuntut Ilmu

Berniat Mencari Ridho Allah Dalam Menuntut Ilmu

Pasal 2: Niat Mencari Ridho Allah Dalam Menuntut Ilmu

A. Niat Belajar

Penuntut ilmu wajib niat sewaktu belajar, sebab niat itu merupakan pokok dalam segala perbuatan, berdasarkan sabda Nabi :

إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَاتِ – حديث صحيح

“Sesungguhnya amal-amal perbuatan itu tergantung niatnya.” (Hadis shahih)20

Beliau juga bersabda:

كَمْ مِنْ عَمَلٍ يَتَصَوَّرُ بِصُوْرَةِ عَمَلٍ الدُّنْيَا، ثُمَّ يَصِيْرُ بِحُسْنِ النِّيَّةِ مِنْ أَعْمَالِ الْآَخِرَةِ، وَكَمْ مِنْ عَمَلٍ يَتَصَوَّرُ بِصُوْرَةِ عَمَلٍ الْآَخِرَةِ ثُمَّ يَصِيْرُ مِنْ أَعْمَالِ الدُّنْيَا بِسُوْءِ النِّيَّةِ

“Banyak amal perbuatan yang bentuknya perbuatan duniawi, kemudian menjadi amal ukhrowi karena bagus niatnya. Dan tidak sedikit amal perbuatan yang bentuknya amal ukhrowi, kemudian menjadi perbuatan duniawi sebab buruk niatnya”

B. Niat Baik dan Buruk

Sebaiknya bagi penuntut ilmu dalam belajarnya berniat mencari Ridho Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى, kebahagian akhirat, membasmi kebodohan diri sendiri dan sekalian orang-orang bodoh21, mengembangkan agama dan mengabadikan islam – sebab keabadian islam itu harus diwujudkan dengan ilmu, sedangkan zuhud dan taqwa itu tidak sah jika tanpa ilmu. 22

Syaikh Ustadz Imam Burhanuddin Shohibul Hidayah23 mendendangkan syair gubahan sebagian para ulama:

“Hancur lebur, orang alim tidak teratur, lebih hancur, orang jahil ibadah ngawur. Kedua-duanya fitnah besar, menimpa alam semesta. Bagi orang yang menganutnya, sebagai dasar agama.”

Dan dalam menuntut ilmu hendaklah diniatkan juga untuk mensyukuri atas kenikmatan akal dan kesehatan badan. Hendaklah tidak niat mencari popularitas, tidak untuk mencari harta dunia, juga tidak niat mencari kehormatan di mata penguasa dan semacamnya.

Berkata Syaikh Muhammad bin Hasan rah.a: “Andaikan seluruh manusia manjadi budakku, niscaya saya merdekakan semuanya dan saya bebaskan penguasaan atas mereka.”24

C. Lezatnya Ilmu

Demikianlah, karena barangsiapa telah menemukan lezatnya ilmu dan pengamalannya maka kecil sekali kesukaannya terhadap apa yang ada di tangan sesama manusia.

Syaikh Imam Yang Mulia Ustadz Penegak Agama Hammad bin Ibrahim bin Ismail ash-Shaffar al-Anshori25 mendendangkan kami syair gubahan Imam Abu Hanifah26 rah.a sbb:

“Barangsiapa menuntut ilmu demi akhirat, berbahagialah dengan keunggulan dari ar-Rosyad. Ah, betapa rugi penuntut ilmu, demi sesuatu dari orang sesamamu.”

Oh ya, kecuali jika mencari posisi dilakukan untuk amar ma’ruf nahi mungkar, memperjuangkan kebenaran dan meluhurkan agama – bukan untuk kepentingan hawa nafsu diri sendiri – maka diperbolehkan sebatas telah dapat ber-amar ma’ruf nahi mungkar tersebut.

Penuntut ilmu hendaklah memperhatikan hal-hal tersebut diatas mengingat ia telah belajar dengan susah payah, maka jangan sampai membelokkan ilmunya tersebut demi kepentingan duniawi yang hina, kecil lagi fana itu.

“Dunia itu kecil, amatlah sedikit, pecintanya terhina, nan hina dina. Sihir dunia, membuat bangsa tuli dan buta, mereka bingung, tidak tahu jalan kemana.”

D. Pantangan Orang Berilmu

Orang berilmu hendaklah tidak mencemarkan dirinya sendiri dengan bersikap tamak terhadap sesuatu yang tidak semesinya, dan hendaknya pula menjaga diri dari hal-hal yang menghinakan ilmu dan orang alim/ahli ilmu.

Hendaklah bersikap tawadhu’ – yaitu sikap tengah antara angkuh dan hina – demikian juga sikap iffah dan semua itu dapat dipelajari dalam kitab akhlak.

Syaikh Imam Ustadz Ruknuddin yang terkenal dengan sebutan Sastrawan Pilihan28 mendendangkan syair gubahan beliau sendiri kepada kami sbb:

“Sungguh, tata krama adalah sifat orang bertakwa, iapun membumbung tinggi, dengan sifat ini.
Ajaib sekali, orang yang tidak tahu kondisi sendiri, bahagiakah nanti, atau celaka diri.
Bagaimanakah pungkasan umurnya, saat tercabut nyawanya, di hari kematian, dia terjatuh atau mulia.
Kebesaran itu sifat khusus bagi-Nya, maka hindarilah dan bertakwalah kepada-Nya.”

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments