Senin, September 20, 2021
BerandaAqidah IslamApa yang Dimaksud dengan Sifat-Sifat Ma'ani?

Apa yang Dimaksud dengan Sifat-Sifat Ma’ani?

Nazhom Kesembilan: Apa yang Dimaksud dengan Sifat-sifat Ma’ani

Kemudian Syaikh Ahmad Marzuki mulai menjelaskan sifat-sifat ma’ani. Ia berkata;

فَقُـدْرَةٌ إِرَادَةٌ سـَمْـعٌ بـَصَرْ * حَـيَـاةٌ الْعِلْـمُ كَلاَمٌ اسْـتَمَرْ

[9] [Sifat-sifat ma’ani adalah] sifat Qudroh, Irodah, Samak, Bashor, Hayaat, Ilmu, dan Kalam yang kekal [dan tidak akan pernah terputus].

a. Sifat-sifat Ma’ani

Maksudnya ketika kamu ingin mengetahui rincian sifat-sifat ma’ani yang berjumlah 7 (tujuh) maka aku berkata kepadamu bahwa sifat-sifat ma’ani adalah Qudroh dan seterusnya. Masing-masing dari 7 (tujuh) sifat -sifat ma’ani memiliki 7 (tujuh) tuntutan kecuali sifat Hayat karena hanya memiliki 6 (enam) tuntutan.

Sifat Qudroh (kuasa) memiliki 7 tuntutan, yaitu kita bersaksi dan meyakini bahwa Qudroh Allah adalah (1) maujudah, (2) qodimah, (3) baaqiyah (kekal),(4) berbeda dengan qudroh kita yang ada karena diciptakan, (5) tidak membutuhkan pada yang mewujudkan, (6) wahidah (satu), dan (7) berhubungan secara menyeluruh kepada seluruh hal-hal yang mungkin (mumkinaat).

Sifat Irodah (berkehendak) memiliki 7 tuntutan, yaitu kita bersaksi dan meyakini bahwa sifat Irodah Allah adalah (1) maujudah, (2) qodimah,(3) baaqiyah (kekal), (4) berbeda dengan irodah kita yang ada karena diciptakan, (5) tidak membutuhkan pada yang mewujudkan, (6) wahidah (satu), dan (7) berhubungan secara menyeluruh kepada seluruh hal-hal yang mungkin (mumkinaat).

Sifat Samak (mendengar) memiliki 7 tuntutan, yaitu kita bersaksi dan meyakini bahwa sifat Samak Allah adalah (1) maujud, (2) qodim, (3) baqi (kekal), (4) berbeda dengan samak kita yang ada karena diciptakan, (5) tidak membutuhkan pada yang mewujudkan, (6) wahid (satu), dan (7) berhubungan secara menyeluruh kepada seluruh hal-hal yang wujud, baik berupa dzat-dzat atau suara-suara. Dengan demikian dzatmu, misalnya, adalah hal yang jelas dengan sifat Samak Allah Ta’ala.

Sifat Bashor (melihat) memiliki 7 tuntutan, yaitu kita bersaksi dan meyakini bahwa sifat Bashor Allah adalah (1) maujud, (2) qodim,(3) baqi (kekal), (4) berbeda dengan bashor kita yang ada karena diciptakan, (5) tidak membutuhkan pada yang mewujudkan, (6) wahid (satu), dan (7) berhubungan secara menyeluruh kepada seluruh hal-hal yang wujud.

Sifat Hayaat (hidup) memiliki 6 tuntutan, yaitu kita bersaksi dan meyakini bahwa sifat Hayaat Allah adalah (1) maujudah, (2) qodimah, (3) baaqiyah (kekal), (4) berbeda dengan hayaat kita yang ada karena diciptakan, (5) tidak membutuhkan pada yang mewujudkan, (6) tidak memiliki hubungan dengan apapun.

Sifat Ilmu (mengetahui) memiliki 7 tuntutan, yaitu kita bersaksi dan meyakini bahwa sifat ilmu Allah adalah (1) maujud, (2) qodim,(3) baqi (kekal), (4) berbeda dengan ilmu kita yang ada karena diciptakan, (5) tidak membutuhkan pada yang mewujudkan, (6) wahid (satu), dan (7) berhubungan secara menyeluruh kepada seluruh halhal yang wajib wujud, boleh wujud dan tidaknya, dan muhal wujud.

Sifat Kalam (berfirman) memiliki 7 tuntutan, yaitu kita bersaksi dan meyakini bahwa sifat kalam Allah adalah (1) maujud, (2) qodim, (3) baqi (kekal), (4) berbeda dengan kalam kita yang ada karena diciptakan, (5) tidak membutuhkan pada yang mewujudkan, (6) wahid (satu), dan (7) berhubungan secara menyeluruh kepada seluruh hal-hal yang wajib wujud, boleh wujud dan tidaknya, dan muhal wujud.

b. Kebenaran Firman Allah

Yang wajib wujud adalah Dzat Allah, Sifat-sifat-Nya, dan Nama-nama-Nya. Yang mustahil wujud adalah sekutu bagi-Nya, anak dari-Nya, dan kekurangan-kekurangan bagi-Nya. Yang boleh wujud dan tidaknya adalah dzat-dzat, sifat-sifat, dan nama-nama kita. Dengan demikian Kalam Allah yang menunjukkan wajib wujud adalah seperti, “Aku adalah Allah. Tidak ada tuhan selain Aku.” Kalam-Nya yang menunjukkan mustahil adalah seperti, “Aku adalah Allah yang ketiga dari tiga tuhan.” Kalam-Nya yang menunjukkan boleh wujud dan tidaknya adalah seperti, “Allah telah menciptakan kalian semua dan apa yang kalian ketahui.”

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments