Senin, September 20, 2021
BerandaKhutbah & PidatoContoh Muqoddimah/Pembukaan Pidato dan Doa Islami

Contoh Muqoddimah/Pembukaan Pidato dan Doa Islami

Contoh Muqoddimah/Pembukaan Pidato dan Doa Islami

Dalam hidup ini kita sering dihadapkan oleh beberapa persoalan hidup yang tidak bisa kita elakkan atau hindarkan. Misalnya saja kita berada pada sebuah acara dengan kondisi kita diminta memberikan kata-kata pembuka atau sambutan yang tidak bisa kita tolak padahal tidak kita rencanakan sama sekali.

Untuk itu kami ingin menyajikan beberapa contoh muqoddimah atau kata-kata pembuka sebagai tambahan referensi guna memperkaya kosa kata dan gaya bahasa dalam berpidato.

Muqoddimah (pembukaan) adalah pengantar pembicaraan sebelum masuk kepada isi dari pidato. Pada umumnya muqoddimah berisi:
1. Ucapan puji dan syukur kepada Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى
2. Sholawat dan salam kepada Nabi Muhammad , beserta keluarga, sahabat, dan para ulama.
3. Do’a (khususnya agar dimudahkan ketika menyampaikan pidato).

Terdapat banyak contoh muqoddimah untuk pidato dan doa, beberapa contoh muqoddimah berikut ini adalah contoh yang kami kutip langsung dari buku “Contoh-contoh MC, Pidato Da’wah dan Do’a” disusun oleh Ust. Maftuh Ahnan dan Ust. Mohammad Anwar Nuris, cetakan I tahun 1994 penerbit “Terbit Terang’ Surabaya.

Inilah contoh-contoh muqoddimah yang dilengkapi dengan tulisan arab, tulisan latin, beserta artinya.

Contoh 1:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. الْحَمْدُ لله الَّذِى فَرَضَ التَّوْبَةَ وَحرَّمَ الأَصْرَارَ، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَإِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ كاَتِبُ الآثَارِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدِنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَفْوَةُ الأَخْيَارِ، صَلَّى الله وَسَلَّمَ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ السَادَةِ الأَخْيَارِ. أَمَّا بَعْدُ

Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah yang telah mewajibkan kepada manusia untuk bertaubat dan mengharamkan penyelewengan. Dan aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah Yang Maha Esa tidak ada sekutu bagi-Nya yang mencatat semua perilaku manusia. Dan aku bersaksi bahwa junjungan kita Nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya yang menjadi pilihan orang-orang baik. Semoga Allah melimpahkan sholawat dan keselamatan kepadanya, dan kepada keluarganya, dan para sahabatnya yang menjadi pemimpin juga menjadi orang-orang baik.

Contoh 2:

بِسْمِ الله الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. الْحَمْدُ لله أَخْرَجَ النَّاسَ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدَنِ السَّائِقِ إِلَى النَّجَاةِ مِنَ الْجُوْرِ، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ

Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah yang telah mengeluarkan manusia dari kegelapan kepada nur. Semoga sholawat dan keselamatan dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad yang telah menyampaikan risalah dan membawa manusia ke jalan kesempurnaan hidup, dan juga kepada keluarganya, para sahabatnya seluruhnya.

Contoh 3:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. الْحَمْدُ للهِ الْبَدِيْعِ الْهَادِى إِلَى بَيَانِ مَهْيَعِ الرَّشَادِ. أَمَّا بَعْدُ

Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan makhluk-makhluk-Nya tanpa contoh, dan yang telah memberikan petunjuk ke jalan yang benar.

Contoh 4:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. الْحَمْدُ للهِ الَّذِى جَعَلْنَا مِنَ النَّاصِحِيْنَ، وَأَفْهَمْنَا مِنْ عُلُوْمِ الْعُلَمَاءِ الرَّشِخِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى مَنْ نَسَخَ دِيْنُهُ أَدْيَانَ الْكَفَرَةِ وَالطَّالِحِيْنَ، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الَّذِيْنَ كَانُوْا بِتَمَسُّكِ شَرِيْعَتِهِ صَالِحِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ

Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan kita nasehat, yang telah memberi kefahaman kepada kita dari berbagai ilmu para ulama yang ahli. Dan semoga sholawat dan keselamatan tetap terlimpah kepadanya yang agamanya menghapuskan agama orang-orang kafir dan orang-orang jahat, dan juga kepada para sahabatnya yang baik yang selalu berpegang dengan syari’atnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments