Minggu, September 19, 2021
BerandaKhutbah & PidatoContoh Pidato Sambutan pada Acara Maulid Nabi ﷺ

Contoh Pidato Sambutan pada Acara Maulid Nabi ﷺ

Ketiga: Keteguhan Hati Rasulullah 

Hatinya teguh, pendiriannya kukuh, tidak surut langkahnya dalam menghadap kebathilan. Pendiriannya tetap, tak tergoyahkan oleh gelombang arus dunia yang selalu digunakan pihak lawan sebagai tipu daya dan muslihat.

Pada suatu ketika Utbah sebagai utusan dari kaum Quraisy datang menemui Rasulullah untuk mengadakan perundingan. Dalam perundingan itu Utbah menawarkan harta, martabat, kedudukan kepada Rasulullah agar beliau meninggalkan dakwah Islam. Dengan adanya tawaran seperti itu Rasulullah menolaknya dengan sopan dan hormat. Kemudian beliau membacakan ayat-ayat suci al-Qur’an yang tersebut dalam surat Fushshilat, maka carilah hati Utbah, sehingga ia menjadi pendengar ayat-ayat al-Quran yang baik, dan akhirnya ia kembali kepada kaumnya (orang-orang Quraisy) bahwa telah mendengarkan ajaran Nabi Muhammad yang belum didengar selama ini, dan mengajak kaumnya mengikuti ajaran Muhammad.

Dengan keteguhan hati dan pendirian Nabi Muhammad itu menjadikan orang banyak tertarik, prinsip hidupnya tidak mudah digadaikan walau dengan emas sedunia ini sekalipun.

Hadirin sekalian yang berbahagia.

Sebenarnya terlalu banyak akhlak-akhlak Rasulullah ﷺ yang bisa kita jadikan sebagai sumber panutan dalam meniti hidup di dunia ini untuk menuju hidup akhirat yang kekal abadi. Akan tetapi ketiga akhlak Rasulullah  tersebut diatas saya kira sudahlah cukup, apabila kita semua mau mengamalkannya dan mempraktekkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dan mengenai hikmah-hikmah yang terkandung dalam nilai-nilai kehidupan Rasulullah, nanti akan dijelaskan lebih banyak dan lebih dalam lagi dalam ceramahnya al-Ustadz Adzkar Zaini. Insya Allah kita semua dapat mengambil pelajaran dari ceramah beliau pada kesempatan yang berbahagia.

Hadirin sekalian yang berbahagia.

Mungkin ini saja sedikit kata-kata sambutan dari saya mengawali acara pada malam hari ini. Terimakasih atas segala perhatian mohon maaf atas segala kekurangan. Jika ada yang benar semata-mata itu datangnya hanya dari Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى. Jika ada yang salah maka itu adalah kesalahan dari hamba Allah yang dhoif ini. Kepada saudara sekalian saya mohon maaf, dan kepada Allah saya mohon ampun.

اُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِى بِتَقْوَى اللَّهِ. وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُاللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Nah kita sudah sampai di bagian akhir contoh pidato sambutan pada acara maulid nabi ﷺ. Jangan lupa kunjugi terus website Istiqna karena selanjutnya kami akan menuliskan contoh kata pembuka dan penutup pada acara kenduri walimatul haml.


Sumber: Ust. Maftuh Ahnan & Moh. Anwar Nuris. 1994. Contoh-Contoh MC, Pidato, dan Dakwah. Surabaya: Terbit Terang.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments