Senin, September 20, 2021
BerandaZikir & DoaDoa Sehabis Sholat Berjamaah Lengkap Dengan Artinya

Doa Sehabis Sholat Berjamaah Lengkap Dengan Artinya

Doa Sehabis Sholat Berjamaah Lengkap dengan Artinya

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Allah  berfirman didalam al-Qur’an Surat al-Ahzab Ayat 41 dan Ayat 42:

“Hai orang-Orang yg beriman, berdzikirlah dengan menyebut nama Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbilah kepadanya diwaktu pagi dan petang.” (QS. al-Ahzab: 41-42)

Selain itu Allah berfirman didalam al-Qur’an Surat an-Nisa, Ayat 103 yang berbunyi:

“Maka apabila kamu sudah menyelesaikan sholat-Mu, ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan diwaktu berbaring. Kemudian apabila kamu sudah merasa aman, maka dirikanlah Sholat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya Sholat itu ialah wajib yang ditentukan waktunya atas orang-orang yg beriman.” (QS. an-Nisa:103)

Berdasarkan dua ayat diatas dapat disimpulkan bahwa setiap umat islam sangat dianjurkan untuk banyak-banyak berdoa dan berdzikir kepada Allah dalam kondisi apapun, terlebih lagi sehabis mendirikan sholat.

Nah, berikut ini adalah salah satu doa sehabis sholat yang bisa kita baca baik disaat sendiri ataupun sehabis sholat berjamaah.

نَاعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، حَمْدًا لشَّاكِرِيْنَ حَمْدًالنَّاعِمِيْنَ حَمْدًا يُوَافِىْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلاَل وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, seperti pujian orang-orang yang bersyukur, seperti pujian orang-orang yang mendapat banyak kenikmatan, yaitu dengan pujian yang Allah sempurnakan, cukupkan, dan tambahkan nikmat-Nya. Wahai Tuhan kami, segala pujian hanyalah untuk-Mu, pujian untuk keagungan dan kemuliaan Dzat-Mu serta keagungan kekuasaan-Mu.

اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، صَلاَةً تُنْجِيْنَابِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلاَهْوَالِ وَاْلآفَاتِ، وَتَقْضِىْ لَنَابِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ، وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ، وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ، وَتُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَى الْغَيَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ، فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ

Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami Nabi Muhammad dan keluarganya, yaitu rahmat yang dapat menyelamatkan kami dari segala ketakutan dan penyakit, yang dapat memenuhi segala kebutuhan kami, yang dapat mensucikan diri kami dari segala keburukan, yang dapat mengangkat derajat kami ke derajat tertinggi di sisi-Mu, dan dapat menyampaikan kami kepada tujuan dari segala kebaikan, baik semasa hidup maupun sesudah mati.

اَللَّهُمَّ يَاغَنِيُّ يَاحَمِيْدُ يَاوَدوْدُ يَارَحِيْمُ يَامُبْدِأُ يَامُعِيْدُ يَاذَالْجَلَالِ وَالْاِكْرَمِ. اَكْفِنَا بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَمِكَ وَبِطَاعَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ وَغْنِنَا بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اَللَّهُمَّ يَا مُسَبِّبَ الْاَسْبَابِ، وَيَافَاتِحَ الْاَبْوَابِ، وَيَاسَامِعَ الْاَسْوَاتِ. وَيَامُجِيْبَ الدَّعَوَاتِ، وَيَاقَاضِيَ الْحَاجَاتِ

Ya Allah yang Maha Kaya, yang Maha Terpuji, yang Maha Mengasihi, yang Maha Penyayang, yang Maha Memulai, yang Maha Mengembalikan Kehidupan, Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan. Cukupilah kami dengan rizki-Mu yang halal sehingga terhindar dari yang engkau haramkan, dengan ketaatan kepada-Mu sehingga terhindar dari maksiat kepada-Mu, kayakanlah kami dengan karunia-Mu hingga aku tidak meminta kepada selain Engkau. Ya Allah Pencipta sebab dari segala sebab, Pembuka dari segala pintu, Mendengarkan segala sesuatu, Mengabulkan segala doa, dan Memenuhi segala kebutuhan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments