Senin, September 20, 2021
BerandaFiqih SyariatSebab-Sebab Mandi Wajib dan Mandi Sunah

Sebab-Sebab Mandi Wajib dan Mandi Sunah

Sebab-Sebab Mandi Wajib dan Mandi Sunah

Mandi Wajib

Yang dimaksud dengan “mandi” di sini ialah mengalirkan air ke seluruh badan dengan niat.

Firman Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالَ :

وَاِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوْا – المائدة ٤٣

“Dan jika kamu junub, maka mandilah.” (QS. al-Maidah: 6)

Sebab-sebab Mandi Wajib

Sebab-sebab wajib mandi ada enam, tiga di antaranya biasa terjadi pada laki-laki dan perempuan, dan tiga lagi tertentu (khusus) pada perempuan saja:

1. Bersetubuh, baik keluar mani ataupun tidak.

Sabda Rosulullah :

اِذَا الْتَقَى الْخِتَانَانِ فَقَدْ وَجَبَ الْغُسْلُ وَاِنْ لَمْ يُنْزِلْ – رواه مسلم

“Apabila dua yang dikhitan bertemu, maka sesungguhnya telah diwajibkan mandi, meskipun tidak keluar mani.” (Riwayat Muslim)

2. Keluar Mani, baik keluarnya karena bermimpi ataupun sebab lain dengan sengaja atau tidak, dengan perbuatan sendiri atau bukan.

Sabda Rosulullah :

عَنْ اُمِّ سَلَمَةَ اَنَّ اُمَّ سُلَيْمٍ قَالَتْ يَا رَسُوْلَ اللَّهِ اَنَّ اللَّهَ لاَيَسْتَحْيِ مِنَ الْحَقِّ فَهَلْ عَلَى الْمَرْأَةِ الْغُسْلُ اِذَاحْتَلَمَتْ؟ قَالَ نَعَمْ اِذَارَأَتِ الْمَاءَ – متفق عليه

Dari Ummi Salamah. Sesungguhnya Ummi Sulaim telah bertanya kepada Rosulullah , “Ya Rosulullah, sesungguhnya Allah tidak malu memperkatakan yang hak. Apakah perempuan wajib mandi apabila bermimpi?” Jawab beliau, “Ya (wajib atasnya mandi), apabila ia melihat air (artinya keluar mani).” (Sepakat ahli hadis)

عَنْ خَوْلَةَ اَنَّهَا سَأَلَتِ النَّبِيَّ ﷺ عَنِ الْمَرْأَةِ تَرَى فِى مَنَامِهَا مَا يَرَى الرَّجُلُ فَقَالَ لَيْسَ عَلَيْهَا غُسْلٌ حَتَّى تُنْزِلَ كَمَا اَنَّ الرَّجُلَ لَيْسَ عَلَيْهِ غُسْلٌ حَتَّى يُنْزِلَ – رواه احمد والنسائ

Dari Khoulah, sesungguhnya ia telah bertanya kepada Nabi , mengenai perempuan yang bermimpi seperti laki-laki bermimpi. Jawab Nabi, “Ia tidak wajib mandi sehingga keluar maninya, sebagaimana laki-laki tidak wajib mandi apabila tidak keluar mani.” (Riwayat Ahmad dan Nasai)

3. Mati. Orang Islam yang mati, fardhu kifayah atas muslimin yang hidup memandikannya, kecuali orang yang mati syahid.

Sabda Rosulullah :

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللَّهِ ﷺ قَالَ فِى الْمُحْرِمِ الَّذِىْ وَقَصَتْهُ نَاقَتُهُ اِغْسِلُوْهُ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ – رواه الشيخان

Dari Ibnu Abbas. Sesungguhnya Rosulullah telah berkata tentang orang berihram yang terlempar dari punggung untanya hingga ia meninggal. Beliau berkata, “Mandikanlah dia olehmu dengan air dan daun sidr (sabun).” (Riwayat Bukhori dan Muslim)

قَالَ النَّبِيُّ صَلَّ اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِى قَتْلَ اُحُدٍ لاَتُغْسِلُوْهُمْ – رواه احمد

Beliau berkata tentang orang yang mati dalam peperangan Uhud, “Jangan kamu mandikan mereka.” (Riwayat Ahmad)

4. Haid. Apabila orang yang telah berhenti haid, ia wajib mandi agar ia dapat sholat dan dapat bercampur dengan suaminya. Dengan mandi itu badannya pun menjadi segar dan sehat kembali.

Sabda Rosulullah :

قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ ﷺ لِفَاطِمَةِ بِنْتِ اَبِى حُبَيْشٍ اِذَا اَقْبَلَتِ الْحَيْضَةُ فَدَعِى الصَّلَاةَ وَاِذَا اَدْبَرَتْ فَاغْتَسِلِى وَصَلِّى – رواه البخارى

Beliau berkata kepada Fatimah binti Abi Hubaisy, “Apabila datang haid itu, hendaklah engkau tinggalkan sholat, dan apabila habis haid itu, hendaklah engkau mandi dan sholat.” (Riwayat Bukhori)

5. Nifas. Yang dinamakan nifas, ialah darah yang keluar dari kemaluan perempuan sesudah melahirkan anak. Darah itu merupakan darah haid yang berkumpul, tidak keluar sewaktu perempuan itu mengandung.

6. Melahirkan, baik anak yang dilahirkan itu cukup umur ataupun tidak, seperti keguguran.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments