Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaZikir & DoaDoa-Doa yang Ada Dalam al-Qur’an Surah al-Maidah

Doa-Doa yang Ada Dalam al-Qur’an Surah al-Maidah

Doa-Doa yang Ada Dalam Surah al-Maidah

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Tulisan sebelumnya kita sudah mengulas beberapa doa yang ada dalam surah an-Nisa dan kali ini kita akan mengulas beberapa doa yang ada dalam surah al-Maidah.

Surah al-Maidah adalah surah ke-5 dalam al-Qur’an yang terdiri dari 120 ayat dan termasuk ayat-ayat Madaniyah yaitu ayat-ayat yang diturunkan di kota Madinah. Di dalamnya ada juga beberapa ayat yang turun di kota Mekah, namun ayat tersebut diturunkan sesudah nabi Muhammad hijrah ke Madinah yaitu saat peristiwa Haji Wada’.

Dalam bahasa arab al-Maidah (المآئدة) berarti “Hidangan”. Dinamakan demikian karena dalam surah ini mengandung kisah para pengikut setia nabi Isa a.s yang meminta kepada nabi Isa agar Allah menurunkan untuk mereka hidangan makanan dari langit, kisah tersebut ada pada ayat ke-112.

Pada ayat ke-112 pengikut-pengikut setia nabi Isa berkata kepada nabi Isa, “Hai Isa putera Maryam, sanggupkah Tuhanmu menurunkan hidangan dari langit kepada kami?”. Nabi Isa menjawab, “Bertakwalah kepada Allah jika kamu betul-betul orang yang beriman”.

Mendengar jawaban nabi Isa tersebut, para pengikutnya berkata lagi, “Kami ingin memakan hidangan itu dan supaya tenteram hati kami dan supaya kami yakin bahwa kamu telah berkata benar kepada kami, dan kami menjadi orang-orang yang menyaksikan hidangan itu”.

Lalu pada ayat ke-114, nabi Isa berdoa dan memohon kepada Allah dan Allah mengabulkan doa nabi Isa tersebut. Allah berfirman, “Sesungguhnya Aku akan menurunkan hidangan itu kepadamu, barangsiapa yang kafir di antaramu sesudah (turun hidangan itu), maka sesungguhnya Aku akan menyiksanya dengan siksaan yang tidak pernah Aku timpakan kepada seorangpun di antara umat manusia”.

Dan berikut ini – sebatas pengetahuan kami – beberapa doa yang ada dalam surah al-Maidah.

Ayat 83

رَبَّنَا آمَنَّا فَاكْتُبْنَا مَعَ الشَّاهِدِينَ

“Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran al-Quran dan kenabian Muhammad).”

Ayat 114

رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًا لِأَوَّلِنَا وَآخِرِنَا وَآيَةً مِنْكَ ۖ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rzekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki Yang Paling Utama”.

Surah al-Maidah disebut juga sebagai al-Uqud yang berarti “Perjanjian”, karena kata itu terdapat pada ayat pertama surah ini, dimana Allah menyuruh agar hamba-hamba-Nya memenuhi janji kepada Allah maupun perjanjian-perjanjian yang mereka buat terhadap sesamanya.

Dinamakan juga al-Munqidz yang berarti “Yang Menyelamatkan”, sebab pada bagian akhir surah ini memuat kesaksian nabi Isa a.s terhadap para pengikutnya.

Demikianlah beberapa doa yang ada dalam surah al-Maidah yaitu doa yang dipanjatkan oleh nabi Isa untuk memberikan bukti dan kesaksian kepada para pengikut setianya atas kebesaran dan kekuasaan Allah .

Dan kita sebagai orang yang beriman hendaknya percaya atas kekuasaan dan kebesaran Allah  yang Allah perlihatkan di muka bumi melalui semua ciptaan Allah baik yang tampak oleh mata zohir ataupun yang ghoib dari pandangan kita.

Semoga Allah menetapkan keimanan dalam diri kita dan memasukkan kita ke dalam kelompok orang-orang yang menjadi saksi atas kebenaran al-Qur’an dan kemuliaan nabi Muhammad beserta orang-orang soleh lainnya. Amin ya robbal ‘alamin.

Sampai jumpa lagi dalam artikel doa-doa yang ada dalam al-Qur’an lainnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments