Senin, September 20, 2021
BerandaIlmu HadisAgama adalah Nasihat untuk Seluruh Kaum Muslimin

Agama adalah Nasihat untuk Seluruh Kaum Muslimin

Hadis Arba’in 07: Agama Adalah Nasihat

  • Redaksi Hadis

عَنْ أَبِي رُقَيَّةَ تَمِيْم الدَّارِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ قَالَ : الدِّيْنُ النَّصِيْحَةُ. قُلْنَا لِمَنْ؟ قَالَ: لِلَّهِ وَلِكِتَابِهِ وَلِرَسُوْلِهِ وَلأَئِمَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ وَعَامَّتِهِ – رواه البخاري ومسلم

Dari Abu Ruqayyah Tamim bin Aus ad-Dari r.a bahwa Rosulullah   bersabda, “Agama adalah nasihat.” Para sahabat pun bertanya, “Untuk siapa?” Rosulullah menjawab, “Untuk Allah, KitabNya, RosulNya, para Imam kaum Muslimin dan seluruh umat Islam.” (HR. Muslim)

  • Takhrij Hadis

Hadis ini diriwayatkan oleh Muslim dalam kitab al-Iman (bab penjelasan agama adalah nasihat) nomor 55. Ini adalah satu hadis riwayat Muslim sendirian. Imam an-Nawawi mengatakan, “Tidak ada hadis riwayat Tamim ad-Dari dari Rosulullah  di dalam kitab Shohih Bukhori, dan juga tidak ditemukan di dalam Shohih Muslim, kecuali hanya hadis ini.”

Hadis ini diriwayatkan juga oleh Abu Dawud dalam kitab al-Adab, bab nasihat, nomor 4944 dan an-Nasa’i dalam kita al-Bai’ah, bab nasihat kepada pemimpin 7/156.

  • Kedudukan Hadis

Hadis ini merupakan salah satu hadis yang singkat redaksinya, tetapi padat maknanya. Ini merupakan hal khusus yang dimiliki Rosulullah  ketika berbicara. Hadis ini merupakan ungkapan singkat, tetapi mencakup banyak makna dan faedah sehingga kami menemukan seluruh sunah dan hukum-hukum syariat, baik ushul maupun cabangnya masuk ke dalam hadis ini.

Bahkan, dalam setiap kalimat dalam hadis ini, yaitu kalimat “bagi kitab Allah” karena kitab Allah mencakup semua ajaran agama, baik ushul dan cabang, maupun amal perbuatan dan akidah (keyakinan).

Apabila seseorang mengimani dan mengamalkan isi ajaran-ajaran agama di dalam kitab tersebut, berarti ia telah mengumpulkan dan menghimpun syariat-syariat Islam secara keseluruhan.

Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى berfirman:

…مَا فَرَّطْنَا فِي الْكِتَابِ مِنْ شَيْءٍ…

“Tiadalah kami tinggalkan sesuatupun dalam kitab ini.” (QS. al-An’am: 38)

Oleh karena itu, para ulama mengatakan bahwa hadis ini merupakan muara ajaran Islam.

  • Kosa Kata Hadis

الدِّيْنَ:Agama Islam. Maksudnya adalah tiang dan pilarnya agama, yaitu nasihat.
النَّصِيْحَةُ:Nasihat adalah kalimat yang diucapkan dengan tujuan kebaikan. Asal makna nasihat secara bahasa adalah murni dan bersih.
أَئِمَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ:Para pemimpin kaum Muslimin.
عَامَّتِهِمْ:Semua orang Islam selain para penguasa dan pemimpin.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments