Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaAkhlak & TasawufHal yang Mendatangkan Rezeki dan yang Menghalanginya

Hal yang Mendatangkan Rezeki dan yang Menghalanginya

Pasal 13: Hal yang Mendatangkan Rezeki dan yang Menghalanginya

Kemudian daripada itu, setiap pelajar tentu membutuhkan makan. Untuk itu, perlulah kiranya diketahui hal-hal yang dapat meningkatkan rizki, menyebabkan panjang umur, dan badan sehat, agar dapat memusatkan perhatian untuk belajar. Banyak kitab telah disusun para ulama mengenai masalah tersebut, dan berikut saya kemukakan sebagian secara singkat.

A. Sumber dan Penghambat Rizki

Rasulullah bersabda:

لاَ يَرُدُّ الْقَدْرَ إِلَّا الدُّعَاءُ، وَلَا يَزِيْدُ فِى الْعُمْرِ إِلَّا الْبِرُّ، فَإِنَّ الرَّجُلَ لَيُحْرَمُ مِنَ الرِّزْقِ بِذَنْبِ يُصِيْبُهَ

“Tidak dapat merubah takdir selain doa, tidak dapat menambah umur selain berbuat bakti, dan sesungguhnya seseorang menjadi tertutup rizkinya karena dosa yang ia lakukan.”187

Dari hadis tersebut dapat diketahui bahwa perbuatan dosa itu menyebabkan tertutupnya rizki, terutama dusta, hal mana dapat mendatangkan kefakiran sebagaimana ditegaskan dalam hadis lain.

Demikian pula tidur diwaktu subuh dapat menolak rizki, dan terlalu banyak tidur menyebabkan fakir harta sekaligus fakir ilmu.

Penyair berkata: “Senangnya hati, karena memakai sandangan. Terhimpunnya ilmu, karena tidak banyak ketiduran.” Penyair lain berkata: “Bukankah kerugian yang nyata, jika malam-malam berlalu tanpa guna, dan umurmu pergi begitu saja.” Lagi-lagi penyair berkata: “Bangunlah di malam hari, wahai anda. Semoga petunjukmu kan tiba. Sampai kapan lagi kau akan tidur melulu, sedang umurmu ikut berlalu.”

Tidur telanjang, kencing telanjang, makan dalam keadaan junub, makan sambil tiduran, membiarkan sisa-sisa makan berserakan, membakar kulit bawah merah atau bawang putih, menyapu lantai dengan kain, menyapu rumah di malam hari, membiarkan sampah mengotori rumah, lewat di depan pinisepuh, memanggil orang tua pada namanya (tanpa menyebut ayah atau ibu), bertusuk gigi dengan benda kasar, mencuci tangan dengan lumpur atau debu, duduk di beranda pintu, bersandar pada kaki gawang pintu, berwudhu di tempat berak, menjahit pakaian yang sedang dipakai, menyeka wajah dengan kain, membiarkan sarang laba-laba berada di rumah, meremehkan sholat, bergegas keluar masjid sesudah sholat subuh, terlalu pagi berangkat ke pasar, terlambat pulang dari pasar, membeli rontongan makanan dari orang fakir pengemis, mendoakan buruk kepada anak, membiarkan wadah tanpa tutup, dan meniup untuk mematikan lampu.

Semua itu berakibat terjadi kefakiran, sebagaimana hal demikian diketahui dari atsar.188

Dan lagi, menulis dengan pena rusak, menyisir rambut dengan sisir rusak, tidak mau mendoakan bagus kepada dua orang tua, memakai surban sambil duduk, memakai celana sambil berdiri, bersikap kikir, terlalu hemat, berlebih-lebihan dalam hidup, suka menunda pekerjaan, dan meremehkan urusan. Semua itu juga menyebabkan terjadi kefakiran.

Bersabda Rasulullah :

اِسْتَنْزِلُوْا الرِّزْقَ بِالصَّدَقَةِ

“Himbaulah datangnya rizki dengan cara bersedekah.”189

Bangun pagi-pagi itu diberkahi dan mendorong terkumpulnya nikmat, khususnya rizki.190 Kaligrafi indah termasuk kunci rizki, air muka simpatik dan tutur kata yang manis menambah datangnya rizki. Ada diriwayatkan dari al-Hasan bin Ali191 r.a: “Menyapu halaman rumah dan mencuci wadah itu mendatangkan kekayaan.”

Penyebab yang paling kuat untuk memperoleh rizki adalah mengerjakan sholat dengan ta’zhim dan khusyuk serta menyempurnakan semua rukun, wajib, sunnah, dan adabnya, juga mengerjakan sholat Dhuha sebagaimana yang telah diketahui hikmahnya. Juga membaca surat al-Waqiah192 khususnya di malam hari sewaktu orang tidur, membaca surat al-Mulk, al-Muzammil, al-Lail, dan surat al-Insyirah, juga datang ke Masjid sebelum adzan diserukan, selalu berada dalam keadaan suci, melakukan sholat sunnah Fajar (Qobliyah Subuh) dan sholat sunnah Witir di rumah, kemudian jangan berbicara urusan duniawi setelah shoalat Witir tersebut.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments