Senin, September 20, 2021
BerandaAkhlak & TasawufHal yang Mendatangkan Rezeki dan yang Menghalanginya

Hal yang Mendatangkan Rezeki dan yang Menghalanginya

Penyebabnya lagi yaitu jangan terlalu banyak bergaul dengan perempuan kecuali ada keperluan penting, dan jangan ngobrol yang tidak bermanfaat untuk agama dan dunia.

Disebut kata mutiara, “Siapa hanyut pada sesuatu yang tidak berarti baginya, maka terlewatlah hal penting baginya.”

Buzurgmihr193 berkata, “Bila kamu melihat seseorang yang banyak omongnya maka percayalah dia telah gila.” Dan Sayyidina Ali r.a, berkata “Jika sempurna akal seseorang, maka omongnya berkurang.”194

Pengarang kitab rah.a, berkata, Saya gubahkan syair yang semakna: “Bila sempurna akal manusia maka sedikit bicaranya, Yakinlah dia bodoh, jika banyak omongnya.”

Penyair lain berkata: “Bicara itu perhiasan, tapi diam itu keselamatan. Bila Anda mau bicara, tidak usah berlebihan. Karena diam, Anda bisa menyesal satu kali. Tapi karena bicara, Anda menyesal berkali-kali.”

Wirid yang dapat menambah rizki antara lain, setelah terbit fajar sampai masuk waktu subuh secara rutin membaca سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيْمِ، سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ، أَسْتَغْفِرُ الله وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ (Maha Suci Allah yang Maha Agung, Maha Suci Allah dan segala Pujian-Nya, aku memohon ampunan dan bertaubah kepada-Nya) berulang seratus kali.

Setiap pagi dan sore hari membaca لاَ إِلَهَ إِلَّا الله اَلْمَلِكُ الْحَقُّ الْمُبِيْنُ (Tiada Tuhan selain Allah, yang Maha Diraja, Maha Haq dan Maha Jelas) juga seratus kali berulang.

Setiap hari selesai sholat subuh membaca: اَلْحَمْدُ لِلَّهِ، وسُبْحَانَ اللهِ، لاَ إِلَهَ إِلَّا الله, masing-masing 33 kali, dan demikian juga sehabis sholat Maghrib. Membaca Istighfar 70 kali sesudah sholat subuh, dan banyak-banyak membaca لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبااللَّهِ الْعلِيِّ الْعَظِيْمِ dan membaca sholawat Nabi.195

Pada hari Jum’at hendaklah membaca doa:اللَّهُمَّ أَغْنِنِى بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَاكْفِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ (Ya Allah, jadikanlah aku kaya dengan anugerah halalMu terhindar dari yang haram, dan cukupilah aku dengan anugerah dari sisiMu bukan dari yang lain) berulang 70 kali.

Hendaklah membaca pujian berikut setiap siang dan malam hari:

أنت الله العزيز الحكيم, أنت الله الملك القدوس, أنت الله الحكيم الكريم, انت الله خالق الخير والشر, أنت الله خالق الجنة والنار, أنت الله عالم الغيب والشهادة, أنت الله عالم السروأخفى, أنت الله الكبير المتعال, أنت الله خالق كل شيئ واليه يعود كل شيئ, أنت الله ديان يوم الدين, لم تزل ولا تزال, أنت الله لا إله إلا أنت الأحد الصمد, لم يلد ولم يولد ولم يكن له كفوا أحد, أنت الملك القدوس السلام المؤمن المهيمن العزيز الجبار المتكبرلا إله إلا أنت الخالق البارئ المصور له الأسماء الحسنى يسبح له ما فى السموات والأرض وهو العزيز الحكيم

“Engkau Allah yang Maha Mulia lagi Maha Bijaksana, Engkau Allah yang Maha Raja lagi Maha Suci, Engkau Allah yang Maha Santun lagi Maha Mulia. Engkau Allah yang Mencipta segala kebajikan dan kejelekan, Engkau Allah Pencipta surga dan neraka, Maha Mengetahui hal yang gaib dan yang tampak, Engkau Allah yang Maha Mengetahui yang rahasia dan yang samar, Engkau Allah yang Maha Agung dan Maha Tinggi, Engkau Allah yang Maha Menciptakan segala titah dan kepadaMu juga mereka kembali, Engkau Allah yang Maha Pemutus kata di hari Kiamat senantiasa dan terus menerus, Engkau Allah tiada Tuhan selain Engkau yang Maha Esa lagi tempat meminta, yang tidak beranak dan tidak dipernakkan, dan tiada sesuatupun menyamaiMu, Engkau Allah tiada Tuhan selain Engkau yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Engkau Allah tiada Tuhan selain Engkau yang Maha Raja, Maha Suci, Maha Selamat, Maha Membenarkan diri sendiri, Maha Meneliti, Maha Mulia, Maha Perkasa, Maha Agung Beragung, tiada Tuhan selain Engkau yang Maha Menitahkan, Maha Menciptakan dan Maha Mewujudkan, Bagi Allah asma-asma Yang Indah Sempurna, seluruh langit dan bumi bertasbih kepada-Nya, dan Dia yang Maha Tinggi lagi Maha Bijaksana.”

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments