Senin, September 20, 2021
BerandaAkhlak & TasawufHal yang Mendatangkan Rezeki dan yang Menghalanginya

Hal yang Mendatangkan Rezeki dan yang Menghalanginya

188 Kata atsar menurut istilah dalam ilmu hadis diartikan perkataan sahabat atau tabi’in. Tetapi disini, sesuai konteks pembicaraan, tentu lebih tepat dimaknai yang universal/luas, yaitu semua pusaka warisan leluhur, termasuk pesan maupun nasehat para guru pengarang kitab ini.

189 Hadis ini disebut dalam al-Jamu’s Shaghir, tapi menurut Syaikh Albani adalah dhoif. (Dhoiful Jami’is Shaghir, cet al-Maktab al-Islami, hal 931)

190 Imam Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah meriwayatkan hadis Nabi yang semakna dengan pernyataan ini, yaitu sbb:

اللّهم بارك لأمتي في بكورها رواه الامام احمد والترمذي وابن ماجه

“Ya Allah, berkahilah umatku dalam bangun pagi-pagi mereka”

191 Hasan bin Ali bin Abu Thalib, adalah cucu kesayangan Rasulullah . Seorang yang alim, cerdas, santun dan gemar berbuat kebajikan, dikenal sebagai orang yang berbakat bicara diplomatis dengan rangkaian kata-kata yang indah. Lahir di Madinah, dan di sana juga beliau wafat tahun 50H/670M (al-Ishobah, I/328).

192 Tentang membaca surat al-Waqiah, terdapat hadis Nabi seperti dituturkan Syaikh Albani dalam Silsilatul Ahadis Adh-Dhoifah no. 289-291, sbb:

من قرأ سورة الواقعة كل ليلة لم تصبه فاقة ابدا

“Barangsiapa membaca surat al-Waqi’ah setiap malam, maka selamanya tidak akan pernah melarat”

193 Nama Buzurgmihr bin Bukhtukan adalah seorang berkebangsaan Persia, sering namanya disebut dalam literatur berbahasa Arab. Dalam Kalilah Wa Dimnah disebutkan pernah menjabat sebagai menteri pada masa raja Kisra Anusyirwan (berdaulat pada tahun 531-578M).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments