Senin, September 20, 2021
BerandaZikir & DoaDoa Selesai Sholat Berjamaah Lengkap Dengan Artinya

Doa Selesai Sholat Berjamaah Lengkap Dengan Artinya

Doa Selesai Sholat Berjamaah Lengkap dengan Artinya

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Islam menganjurkan kepada setiap pemeluknya untuk memperbanyak membaca doa terutama setelah mendirikan sholat baik itu sholat wajib ataupun sholat sunnah.

Lantas timbul pertanyaan, apakah berdoa secara bersama-sama itu diperbolehkan dalam agama atau apakah tidak melanggar syariat Islam? Seperti sering kita dengar bahwa ada sekelompok masyarakat muslim yang menganggap doa bersama adalah bid’ah tidak ada contoh dari nabi.

Dalam buku 37 Masalah Populer yang disusun oleh Ust. Abdul Shomad dalam masalah ke 25 tentang Doa Bersama, beliau mengutip sebuah hadis Rasulullah yang diriwayatkan oleh at-Thobroni.

لاَ يَجْتَمِعُ قَوْمٌ مُسْلِمُوْنَ فَيَدْعُوْ بَعْضُهُمْ وَيُؤَمِّنُ بَعْضُهُمْ إِلاَّ اسْتَجَابَ اللهُ دُعَاءَهُمْ

“Tidaklah sekelompok orang berkumpul, lalu sebagian mereka berdoa, semua mereka mengaminkan, melainkan Allah  mengabulkan doa mereka.” (HR. Thobroni)

Dengan dalil tersebut maka membaca doa secara bersama-sama setelah sholat berjamaah adalah diperbolehkan dan bukan bid’ah. UAS juga mengatakan bahwa hal ini pernah dilakukan oleh para nabi sebelum nabi Muhammad yaitu doa Nabi Musa a.s, yang diaminkan oleh Nabi Harun a.s.

Dan berikut ini kami tuliskan salah satu contoh doa selesai sholat yang bisa Anda baca dan amalkan setiap hari.

نَاعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، حَمْدًا لشَّاكِرِيْنَ حَمْدًالنَّاعِمِيْنَ حَمْدًا يُوَافِىْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلاَل وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, seperti pujian orang-orang yang bersyukur, seperti pujian orang-orang yang mendapat banyak kenikmatan, yaitu dengan pujian yang Allah sempurnakan, cukupkan, dan tambahkan nikmat-Nya. Wahai Tuhan kami, segala pujian hanyalah untuk-Mu, pujian untuk keagungan dan kemuliaan Dzat-Mu serta keagungan kekuasaan-Mu.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى الْاَوَّليْنَ وَالْاَخِرِيْنَ. وَصَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى النَّبِيِّيْنَ وَالْمُرْسَلِيْنَ. وَصَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى كُلِّ وَقْتٍ وَحِيْنَ. وَصَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى الْمَلَاءِالْاَعْلَى اِلَى يَوْمِ الدّيْنَ

Ya Allah, limpahkanlah keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad sang pemimpin umat terdahulu dan umat yang akan datang. Limpahkanlah keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad sang pemimpin para nabi dan para rasul. Limpahkanlah keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad pada setiap waktu dan setiap saat. Limpahkanlah keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad yang memiliki kedudukan yang tinggi hingga hari kiamat.

اَللَّهُمَّ يَاغَنِيُّ يَاحَمِيْدُ يَاوَدوْدُ يَارَحِيْمُ يَامُبْدِأُ يَامُعِيْدُ يَاذَالْجَلَالِ وَالْاِكْرَمِ. اَكْفِنَا بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَمِكَ وَبِطَاعَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ وَغْنِنَا بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اَللَّهُمَّ يَا مُسَبِّبَ الْاَسْبَابِ، وَيَافَاتِحَ الْاَبْوَابِ، وَيَاسَامِعَ الْاَسْوَاتِ، وَيَامُجِيْبَ الدَّعَوَاتِ، وَيَاقَاضِيَ الْحَاجَاتِ

Ya Allah yang Maha Kaya, yang Maha Terpuji, yang Maha Mengasihi, yang Maha Penyayang, yang Maha Memulai, yang Maha Mengembalikan Kehidupan, Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan. Cukupilah kami dengan rizki-Mu yang halal sehingga terhindar dari yang engkau haramkan, dengan ketaatan kepada-Mu sehingga terhindar dari maksiat kepada-Mu, kayakanlah kami dengan karunia-Mu hingga aku tidak meminta kepada selain Engkau. Ya Allah Pencipta sebab dari segala sebab, Pembuka dari segala pintu, Mendengarkan segala sesuatu, Mengabulkan segala doa, dan Memenuhi segala kebutuhan.

اَللَّهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً، وَالهُدَى والتُّقَى والعَفَافَ والغِنَى، وَحُسْنُ اْلخَاتمَِة

Ya Allah sesungguhnya kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, amalan yang diterima, petunjuk dan ketakwaan, sifat lemah lembut dan kaya, serta akhir kehidupan yang baik.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments