Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaKhutbah & PidatoContoh Kata Pembuka dan Penutup pada Acara Wirid Yasin

Contoh Kata Pembuka dan Penutup pada Acara Wirid Yasin

Contoh Kata Pembuka dan Penutup Pada Acara Wirid Yasin

Contoh Kata Pembuka:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُاللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ

الْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ، سَيِّدِناَ وَمَوْلاَناَ مُحَمَّدٍ اِمَامِ الْمُتَّقِيْنَ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. أَمَّا بَعْدُ

Pertama sekali marilah kita mengucapkan syukur الْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ atas segala nikmat yang telah Allah berikan kepada kita sehingga pada malam hari ini kita masih dapat berkumpul bersama di rumah ini dalam keadaan sehat wal afiat tiada kurang sesuatu apapun.

Yang kedua marilah kita bersholawat kepada nabi Muhammad ﷺ dengan mengucapkan اللَّهُمّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. Semoga dengan sholawat yang kita ucapkan pada malam hari ini akan menjadi saksi bagi kita untuk mendapatkan syafaat beliau di pengadilan Allah kelak. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ 

Hadirin yang dimuliakan Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى.

Sebelumnya saya yang mewakili ahli bait di rumah ini mengucapkan ribuan terimakasih kepada hadirin sekalian yang telah meringankan langkah kakinya untuk hadir memenuhi undangan kami pada malam hari ini. Semoga kehadiran bapak-bapak sekalian dicatat oleh para malaikat sebagai amal baik dan mendapat ganjaran pahala yang besar di sisi Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى.

Adapun maksud dan tujuan kami mengundang bapak-bapak hadirin sekalian adalah guna mengenang dan mendoakan orangtua kami, sanak keluarga kami, kaum kerabat kami, almarhum dan almarhumah yang telah lebih dulu meninggalkan kami di rumah ini, meninggalkan alam dunia yang fana ini menuju alam penantian selanjutnya yaitu alam barzah.

Untuk itu ahli bait meminta kita agar bersama-sama membacakan ayat-ayat suci al-Qur’an yang kita mulai dengan pembacaan Surat Yasin, Tahtim dan Tahlil, dan terakhir kita tutup dengan doa, yaitu doa arwah, doa tolak bala, doa mohon ampun, mohon petunjuk, mohon hidayah, mohon keselamatan dunia dan akhirat untuk kita semua yang hadir pada malam hari ini dan yang lebih khusus lagi untuk:

  1. Almarhum Bpk…
  2. Almarhum Bpk…
  3. Almarhum Bpk…
  4. Almarhumah Ibu…
  5. Almarhumah Ibu…

Hadirin yang dimuliakan Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى.

Baiklah karena waktu juga sudah menunjukkan pukul 20.30 WIB, waktu dimana seperti biasanya kita melaksanakan acara ini, dan kemudian kelihatannya jamaah juga sudah banyak yang hadir maka ada baiknya segera saja kita mulai acara kita pada malam hari ini.

Namun sebelum itu, izinkan saya mengingatkan terlebih dahulu untuk bersama-sama kita meluruskan niat, menghujamkan dalam hati bahwa apa yang kita kerjakan, amal baik yang kita lakukan pada malam hari ini semata-mata hanya ingin mengharapkan ampunan dan ridho Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى.

Dengan begitu semoga segala doa dan harapan kita pada malam hari ini dikabulkan oleh Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad ﷺ dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Amirul Mu’minin Umar Bin Khottob:

إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى

Artinya: Sesungguhnya setiap perbuatan itu tergantung dengan niatnya, dan sesungguhnya setiap orang akan dibalas sesuai dengan apa yang dia niatkan.

Jika apa yang kita kerjakan malam hari ini semata-mata hanya ingin mendapatkan ampunan Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى maka إِنْ شَاءَ اللّٰهُ di dunia kita dapat begitu pula di akhirat kelak. Tapi sebaliknya jika kita ingin mendapatkan pujian, sanjungan, atau tujuan keduniaan semata, maka mungkin di dunia bisa kita dapatkan tapi di akhirat niscaya kita termasuk orang-orang yang merugi. ِنَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنْ ذَالِكَ.

Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan sebagai kata-kata pembuka dari saya yang mewakili ahli bait di rumah ini. Banyak khilaf dan salah dari apa yang saya sampaikan, maka kepada hadirin sekalian saya mohon maaf dan kepada Allah saya mohon ampun.

وَبِاللهِ التَّوْفِيْقُ وَالْهِدَايَةِ وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُاللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments