Senin, September 20, 2021
BerandaZikir & DoaDoa-Doa yang Ada Dalam al-Qur'an Surah al-Baqoroh

Doa-Doa yang Ada Dalam al-Qur’an Surah al-Baqoroh

Doa-Doa yang Ada Dalam Surah al-Baqoroh

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Jika dilihat dari urutannya maka Surah al-Baqoroh adalah surah kedua dalam al-Qur’an dan merupakan surah dengan jumlah ayat terbanyak. Surah ini terdiri dari 286 ayat, 6.221 kata, dan 25.500 huruf dan termasuk ayat Madaniyah (ayat yang diturunkan di kota Madinah).

Surah ini dinamai al-Baqoroh (البقرة‎) yang artinya “Sapi Betina” sebab di dalamnya terdapat kisah tentang penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah kepada Bani Israil.

Surah ini juga dinamai Fustatul Qur’an (Puncak al-Qur’an) karena memuat beberapa hukum yang tidak disebutkan dalam surah yang lain. Terkadang disebut juga surah Alif Lam Mim karena ayat pertama dimulai dengan huruf Alif, Lam, dan Mim.

Selain kisah tentang penyembelihan sapi betina, terdapat juga kisah Nabi Ibrahim yang diperintahkan oleh Allah  untuk meninggikan Baitullah bersama putranya Nabi Ismail a.s.

Namun, kali ini kita tidak sedang akan membahas tentang kisah yang terdapat dalam surah al-Baqoroh, tapi kita akan melihat beberapa doa yang ada dalam surah al-Baqoroh yang mustajab dan sangat dianjurkan untuk kita amalkan sehari-hari. Salah satunya adalah doa Nabi Ibrahim yang memohon kepada Allah agar diterima amalnya ketika beliau selesai mendirikan bangunan Baitullah.

Dan Berikut ini adalah doa-doa yang ada dalam surah al-Baqoroh.

Ayat 126

رَبِّ اجْعَلْ هَٰذَا بَلَدًا آمِنًا وَارْزُقْ أَهْلَهُ مِنَ الثَّمَرَاتِ مَنْ آمَنَ مِنْهُمْ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ

Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezeki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kemudian.

Ayat 127

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Ya Tuhan kami terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Ayat 128

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُسْلِمَةً لَكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.

Ayat 201

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.

Ayat 250

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran atas diri kami, dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.

Ayat 286

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.

Nah para pembaca setia Istiqna, setelah kita membaca beberapa doa diatas yang semua doa tersebut ada dalam surah al-Baqoroh, maka alangkah lebih baik lagi jika kita tidak hanya sekedar membacanya saja tapi juga menghafalnya dan mengamalkan doa-doa tersebut dalam kehidupan kita setiap hari.

Demikianlah kumpulan doa yang ada dalam surah al-Baqoroh, Insya Allah kita akan jumpa kembali pada tulisan berikutnya tentang doa-doa yang ada dalam surah Ali ‘Imron.

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments