Senin, September 20, 2021
BerandaIlmu HadisMelindungi Harga Diri dan Kehormatan Seorang Muslim

Melindungi Harga Diri dan Kehormatan Seorang Muslim

Hadis Arba’in 08: Kehormatan Seorang Muslim

  • Redaksi Hadis

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُوْلَ ﷺ قَالَ : أُمِرْتُ أَنْ أُقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى يَشْهَدُوا أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ، وَيُقِيْمُوا الصَّلاَةَ وَيُؤْتُوا الزَّكاَةَ، فَإِذَا فَعَلُوا ذَلِكَ عَصَمُوا مِنِّي دِمَاءُهُمْ وَأَمْوَالُـهُمْ إِلاَّ بِحَقِّ الإِسْلاَمِ وَحِسَابُهُمْ عَلَى اللهِ تَعَالىَ – رواه البخاري ومسلم

Dari Ibnu Umar r.huma bahwa Rosulullah  bersabda, “Aku diperintah untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi bahwa tiada Tuhan yang pantas disembah selain Allah, dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah, melaksanakan sholat, dan membayar zakat. Apabila mereka telah melakukan hal itu, mereka telah melindungi darah dan harta mereka dariku, kecuali dengan alasan yang dibenarkan dalam Islam. Adapun perhitungan mereka diserahkan kepada Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى.” (HR. Bukhori dan Muslim)

  • Takhrij Hadis

Hadis ini diriwayatkan oleh Bukhori dalam kitab al-Iman (bab apabila mereka bertobat dan mendirikan sholat) nomor 25.

Muslim dalam kitab al-Iman (bab perintah memerangi manusia hingga mereka mengucapkan La ilaha illa Allah muhammad Rosulullah) nomor 22.

Adapun tambahan “Kecuali dengan alasan yang dibenarkan dalam Islam” adalah hanya riwayat Bukhori, tidak bersama Muslim.

  • Kedudukan Hadis

Hadis ini adalah hadis yang sangat penting karena mencakup pokok-pokok agama Islam, yaitu kesaksian dengan disertai keyakinan yang tegas bahwa tiada Tuhan yang pantas disembah selain Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah, melaksanakan sholat sesuai dengan yang diperintahkan, dan membayar zakat kepada yang berhak menerimanya.

  • Kosa Kata Hadis

أُمِرْتٌ:Allah s.w.t. telah memerintahku.
النَّاسَ:Mereka adalah para penyembah berhala dan orang-orang musyrik.
يُقِيْمُوااالصَّلاةَ:Melaksanakan sholat sesuai dengan yang diperintahkan.
يُؤْتُواالزَّكَاةَ:Membayar zakat kepada yang berhak menerimanya.
عَصَمُوْا:Mereka melindungi. Termasuk dari kata ini adalah lafal i'tashomtu billah artinya aku menahan diri dari bermaksiat kepada Allah.
اِلاَّبِحَقِّ:Ini merupakan istisna munqothi' (mustatsna bukan bagian dari mustatsna minu). Makanya adalah setelah darah dan harta mereka terjaga dan terpelihara, mereka harus menunaikan kewajiban dan menjauhi larangan.
حِسَابُهُمْ عَلَى اللَّهِ:Kejujuran hati mereka diserahkan kepada Allah, karena hanya Dia yang mengetahui apa yang ada di dalam hati manusia.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments