Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaAqidah IslamApa yang Dimaksud dengan Sifat Jaiz bagi Rosul?

Apa yang Dimaksud dengan Sifat Jaiz bagi Rosul?

Nazhom Keduabelas: Apa yang Dimaksud dengan Sifat Jaiz Bagi Rosul

وَجَائِزٌ فِى حَقِّهِمْ مِنْ عَرَضِ * بِغَيْرِ نَقْصٍ كَخَفِيْفِ الْمَرَضِ

[12] Boleh (jaiz) bagi para nabi dan rasul memiliki sifat A’rod al-Basyariah yang tidak sampai mengurangi derajat luhur mereka, seperti sakit ringan.

a. Sifat Jaiz Bagi Rosul 

Maksud nadzom di atas adalah bahwa diwajibkan bagi setiap mukallaf meyakini bahwa sifat jaiz (boleh) bagi para rasul dan nabi adalah A’rodhul Basyariah atau sifat-sifat yang umum dimiliki manusia biasa, sekiranya sifat-sifat tersebut tidak mengurangi derajat mereka yang luhur, seperti sakit ringan, makan, minum, menjual dan membeli, berpergian, berperang, terluka, menikah, masuk ke pasar, tidur mata bukan tidur hati, dan keluar sperma karena kantong sperma yang penuh, bukan keluar sperma karena mimpi basah, karena mimpi basah termasuk permainan setan sedangkan setan tidak memiliki kesempatan mengganggu mereka. Dalil bolehnya para nabi dan rasul memiliki sifat A’rodhul Basyariah adalah berdasarkan bukti melihat secara langsung karena orang-orang yang menemui mereka melihat secara nyata dan langsung bahwa para nabi dan rasul memiliki sifat A’rodhul Basyariah. Sedangkan orang-orang yang belum pernah melihat mereka secara langsung maka dapat mengetahui bahwa para nabi dan rasul memiliki sifat A’rodhul Basyariah adalah berdasarkan hadis yang mutawatir.

Adapun sifat A’rodh yang mustahil atau muhal bagi para nabi dan rasul adalah seperti terserang penyakit kusta, lepra, impotensi, berkulit hitam, tuli, buta, bisu, lumpuh, pincang, buta sebelah, gagap dalam berbicara, yang berbalik kelopak matanya (Jawa: kero), sumbing, dan, ompong. Dan setiap sifat hina adalah mustahil bagi mereka karena sifat-sifat tersebut mengurangi derajat luhur mereka.

berbicara Lafadz اللكنة berarti sifat sulit dengan huruf atau gagap. Lafadz شتر Syin yang bertitik tiga dan huruf Taayang bertitik dua berarti terbaliknya kelopak mata. Lafadz شرم dengan huruf Syin dan huruf Roo berarti terbelahnya hidung. Lafadz ثرم dengan huruf Tsa dan Ro berarti ompong pada gigi bagian depan.

Perkataan kami الاعراض yang berarti tabiat mengecualikan sifat-sifat Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى. Oleh karena itu para nabi dan rasul tidak boleh memiliki sifat-sifat Allah. Berbeda dengan kaum Nasrani, mereka mensifati Nabi Isa dengan sifat-sifat Allah. Perkataan البشرية yang berarti bersifat seperti manusia, mengecualikan sifat-sifat malaikat. Oleh karena itu para nabi dan rasul tidak boleh memiliki sifat-sifat malaikat. Perkataan kami التي لاتؤدى إلى نقض الحج yang berarti tabiat-tabiat manusia yang tidak sampai menurunkan derajat luhur para nabi dan rasul, mengecualikan tabiat-tabiat manusia yang sampai menurunkan derajat luhur para nabi dan rasul. Berbeda dengan kaum Yahudi yang mensifati Nabi Daud dengan sifat iri.

Kesimpulannya adalah bahwa kaum Nasrani telah melewati batas hukum sehingga mereka mensifati Nabi Isa عَلَيْهِ السَّلَام dengan sifat-sifat ketuhanan. Kaum Yahudi telah berbuat sembrono sehingga mereka mensifati para rasul dengan sifat-sifat yang dapat mengurangi derajat luhur mereka. Sedangkan umat Muhammad tidak melewati batas dan juga tidak sembrono, atau dengan kata lain, umat Muhammad telah mengambil keputusan tengah-tengah.

b. Nabi Harus Laki-laki yang Merdeka

Ketahuilah sesungguhnya tidak ada nabi yang perempuan atau budak. Adapun pendapat yang mengatakan tentang sifat kenabian pada 6 (enam) perempuan adalah pendapat yang Marjuh. 6 (enam) perempuan tersebut adalah Maryam, Asiah, Hawa, Ibu Nabi Musa yang bernama Yuhanadz, Hajar dan Sarah. Adapun Lukman bukanlah termasuk nabi karena ia dulunya adalah seorang budak, kemudian dimerdekakan. Akan tetapi Lukman adalah murid para nabi karena ada riwayat bahwa Lukman berguru kepada 1000 nabi, seperti yang dikatakan oleh Iwadh al-Ghomrowi.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments